Instal CMS Balitbang di Localserver




Setelah mengetahui apa itu CMS Balitbang dan telah mendownload filenya, kali ini akan kita bahas mengenai cara menginstal CMS Balitbang. Localserver yang saya gunakan adalah appserv serta menggunakan CMS Balitbang yang versi terbaru. dan semoga kawan ManiaCMS semua bisa mengikutinya dengan seksama ^_^ . Untuk langkah - langkah menginstall ikuti dibawah ini :

  1. Exstrak terlebih dahulu file yang di download, lalu copy / cut file folder nya (webtemp) ke folder www pada appserv. contoh D:\Appserve\www
  2. Buka folder lib, dan edit file config.php menggunakan notepad / dreamwever
  3. Cari dan Ubah beberapa variable berikut ini : 
  4. $dbhost   = "localhost";
    $dbuser   = "root";    ===> username database
    $dbpasswd = "";       ===> password database
    $dbname   = "sekolahq";  ===> nama database
    $nmhost   = "http://localhost/webtemp/"; ===> ganti menjadi URL domain website sekolah misal "http://hostingsekolah.net/"
    $appid    = '169993669715242';  ===> ID APlikasi di Facebook sekolah harus mendaftarkan aplikasi di Facebook, apabila belum dikosongkan.
    $secret   = '81158039568d1a5f8d7990b70f7186c9'; ===> ID secret dari FAcebook
  5. Jangan Lupa Ubah nama sekolah
  6. Buat database di phpmyadmin dengan mengetik url localhost/phpmyadmin lalu buat nama database, sebagai contoh kita membuat nama database “sekolahq” (tanpa tanda kutip)
Nama DB Sekolahq
  1. Klik Menu Import,Browse Dan Pilih File Sql-cms.Sql.Klik Go
Upload File Sql
  1. Maka database akan terisi, dari step ini proses instalasi telah berhasil. dan coba buka webnya dengan cara localhost/webtemp maka akan tampil gambar tampilan website seperti dibawah ini.


Demikianlah tutorial Instal CMS Balitbang Di Localserver, bila masih ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah ini. semoga bermanfaat kawan ManiaCMS semua .

0 komentar:

No Spam
And
Live Link