Antivirus untuk Flasdisk


Saat ini terdapat berbagai antivirus untuk flashdisk, tetapi sebagian banyak hanya kompatibel dengan  flashdisk edisi terbaru, semisal U3. Perlu diketahui bahwa sebuah virus yang mengganggu kesehatan komputer banyak yang masuk lewat flashdisk anda, melalui autorun.inf. Ada beberapa trik untuk menanggulangi infeksi virus tersebut, yang pertama adalah dengan men-disable autorun.inf dari komputer anda. Tetapi cara ini akan sedikit mengganggu, karena jika suatu saat kita memasukkan Bootable CD (seperti driver) maka tidak akan tertampilkan pada layar, sehingga anda harus mencari dan menjalankan sendiri autorun.inf. Cara berikutnya yang lebih efektif adalah dengan membuat folder autorun.inf pada flashdisk anda sehingga virus tidak dapat menggandakan diri memasuki flashdisk atau bahkan komputer anda. Langkahnya sebagai berikut:
* Pertama Klik Start lalu klik Run pada komputer anda
* Ketik cmd dikotak run, kemudian klik OK
* akan muncul jendela command prompt
* Pindah ke drive tempat flasdisk anda (Misalnya flashdisk anda ada       di drive G, ketik G:)
* Sesudah itu ketik md autorun.inf , lalu tekan enter
* ketik md autorun.inf\autorun.ini , lalu tekan enter
* ketik md autorun.inf\autorun.ini\con\\.\\ , tekan enter.
* Tutup jendela command prompt (close)
Maka di UFD akan tampil sebuah folder autorun.inf yg tidak bisa dihapus oleh Windows)dan juga tdk bisa diganti (overwrite )oleh virus yg sembunyi di autorun.inf. Trik diatas itu berdasarkan teori yang saya namai “HUKUM KETIDAKKEKALAN VIRUS” (just for joke) yang berbunyi:
“Di Windows tdk boleh /tdk dikenal file/folder yang sama.
Sedang virus biasanya meng-infeksi flashdisk  dengan cara membuat/mengganti/overwrite file autorun.inf
Jdadi virus tidak bisa menginfeksi flashdisk karena Windows/virus tdk bisa menghapus/overwrite ‘con’ folder yg ada di dalam folder autorun.inf”
*Note:
Flashdisknya harus dalam keadaan bersih dari virus saat pembuatan script
Jika perlu kosongkan dan backup isinya, lalu format
Jika setelah instalasi tidak terdapat folder autorun.inf pada flashdisk anda, percayalah dan berdoa agar terhindar dari gangguan virus yang terkutuk :)

0 komentar:

No Spam
And
Live Link