3 Penyebab Utama Pc/Komputer Sering Restart Sendiri

Sebagai seorang yang tentunya sangat addict dengan internet seperti saya, tentu saja pasti akrab dengan komputer. Sehingga wajar sepertinya kalau kita juga harus juga mengetahui sedikit banyak tentang komputer, termasuk permasalahannya.
Salah satu permasalah yang sering saya hadapi selama ini adalah ketika komputer restart sendiri dengan tiba-tiba, gak ada angin gak ada hujan. Hal ini sangat menjengkelkan, karena tidak jarang kerjaan yang udah hampir kelar dikerjain, tiba2 komputer restart.
Sepengetahuan saya beberapa tahun ini yang lumayan tertarik dengan masalah hardware komputer, ada 3 masalah utama kenapa sebuah komputer restart sendiri, ke 3 masalah itu adalah :


1. Power Supply (PSU )

Power supply merupakan alat pada komputer yang berfungsi untuk menyalurkan listrik pada komponen lain dalam sebuah komputer , pengalaman saya – sebuah power supply standard ( bawaan casing) atau power supply low end yang harganya kisaran 100ribuan. Sangat rentan untuk jebol, ketika tegangan listrik tidak stabil. Sepertinya bukan rahasia umum kalau listrik dimana2 memang kadang-kadang tidak stabil. Walaupun sudah diberi stabilizer ( stabilizer standard ) terkadang masih juga restart sendiri .
pengalaman saya merk2 power supply berikut dibawah yang sanggup tahan ( pc tetap nyala walau tegangan tidak stabil )
- PSU Muscle power
- PSU ACBel
ke 2 PSU diatas merupakan favorite saya, ketika dalam satu warnet ada 8 pc yang menggunakan power supply ACbel dan muscle power ( tampa stabilizer , langsung colok ke listrik ) dan 8 pc lain pake power supply standard, ketika listrik tidak stabil 8 pc dengan psu biasa tadi langsung tepar , sementara yang lain tetap nyala.
Solusi lain kalau kamu memakai power supply standard, jika tidak mau sering restart ketika listrik tidak stabil adalah dengan menggunakan stabilizer motor yang berkualitas, saya lupa merk stabilizer yang saya gunakan ( harga sekitar 300rb ) , walau menggunakan psu standard + stabilizer ini, pc tetap nyala ketika listrik tidak stabil.
Beberapa merk power supply lain seperti Xigmatex dan venom rx kadang2 masih restart ketika dicolok langsung ke listrik, jadi jika menggunakan 2 merk ini disarankan juga memakai stabilizer .
jadi kesimpulanya, cek kualitas power supply kamu – jika baru beli mungkin sebuah power supply standard masih tetap mampu menahan perubahan tegangan listrik yang tiba2, namun biasanya tidak lama karena dalam hitungan bulan bahkan minggu biasanya sudah jebol.
2. Fan / Kipas processor
Kipas komputer, walaupun bentuknya sederhana namun sangat vital fungsinya untuk sebuah sistem komputer. Fungsinya adalah membuang hawa panas yang diserap oleh heat sink dari processor.
bagaimana jika kipas ini mati , atau rusak ( sangat lambat berputar ) secara logika pasti tidak mampu menyerap panas yang berakibat pada meningkatnya suhu pada processor yang bisa membuat sebuah komputer tidak bisa loading , hang dan restart restart terus .
Untuk itu cek fan pc kamu, secara manual bisa mengecek dengan membuka casing pc dan cek apakah fan processor masih berputar, jika masih berputar cek apakah putarnya masih kencang atau gak.
untuk mengecek fan speed, kamu bisa baca di tulisan saya yang ini :
SpeedFan 4.40 รข€“ Software gratis memonitor fan speed dan temperature komputer
3. Virus
Virus merupakan salah satu penyebab kenapa sebuah komputer bisa restart sendiri , biasanya ketika saya tidak menemukan masalah pada psu dan juga fan speed . Ketika sebuah pc masih saja restart sendiri adalah karena virus, langkah pertama adalah bersikan komputer kamu dengan anti virus terbaru . Saya menyarankan dengan menggunakan perpaduan Norman malware cleaner + malwarebytes + nod32.
untuk norman malware cleaner, pernah saja jelaskan disini :
Melawan virus pemakan exe
ketika pc kamu sudah di scan dengan norman , lalu scan lagi dengan malwarebyes dan terakhir discan dengan nod32 untuk memastikan pc kamu benar2 bersih dari virus.
ke 3 masalah diatas merupakan masalah utama penyebab kenapa sebuah pc sering restart sendiri , saya sarankan untuk mengeceknya mulai dari power supply dahulu ( dengan cara mengganti psu pc yang sering restart dengan psu pc lain yang sehat ) . Ketika psu dinyatakan tidak apa2, baru kemudian cek fan dan trakhir cek virus di pc kamu.
semoga berguna



0 komentar:

No Spam
And
Live Link