10 Superhero Asli Indonesia Yang Terlupakan




Kemarin, ketika saya iseng-iseng browsing tentang film-film baru yang akan dirilis di Indonesia, salah satu film yang cukup banyak diminati oleh pecinta film Indonesia adalah film tentang superhero. Yah, sepertinya semua orang Indonesia akan tahu kalau disebutkan tokoh-tokoh seperti Iron Man, Superman, Spiderman, Batman, Wonder Woman, Cat Women, Captain Amerika dan tokoh superhero lain. Kemudian saya tertarik untuk mencari tahu sebenarnya adakah Superhero Indonesia yang sudah pernah dibuat. Ternyata saya menemukan beberapa superhero asli Indonesia yang namanya tenggelam dibelakang bayang-bayang superhero yang saya sebutkan tadi, atau bahkan mungkin terlupakan. Berikut daftarnya…


1. Gundala Putera Petir



Nama ini tidak terlalu asing di telinga kita, Gundala adalah tokoh komik ciptaan Hasmi yang muncul pertama kali dalam komik Gundala Putra Petir pada tahun 1969. Memang secara sekilas , SuperHero ini mirip karya bangsa Amerika, tetapi SuperHero ini asli Indonesia loh!

Raja Taifun dari kerajaan Bayu memberinya kekuatan lari secepat angin. Sejak itulah, pada waktu-waktu tertentu, ia tampil sebagai jagoan penumpas kejahatan berpakaian hitam ketat dengan sepatu dan cawat berwarna merah. Wajahnya tertutup topeng, hanya tampak mata dan mulutnya, di sisi topengnya terdapat hiasan seperti sayap burung.


2. Godam si Manusia Besi



Godam adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Godam muncul pertama kali dalam judul Memburu Doktor Setan pada tahun 1969. Godam berasal dari dimensi lain yang terdapat negeri yang bernama Godam.

Dikarenakan perlawanannya terhadap kekejaman Ratu Candalani, Godam yang masih bayi putra bangsawan negeri Godam menjadi buronan sebagaimana kedua orang tuanya yang dianggap memberontak terhadap kekuasaan Candalani.


3. Aquanus



Aquanus adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Aquanus muncul pertama kali dalam judul Aquanus di Planet Vibhy pada tahun 1968.


4. Pangeran Mlaar



Pangeran Mlaar adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Mlaar adalah Putra Mahkota suatu kerajaan di planet Covox. Berkat suatu rekayasa oleh pamannya, Mlaar mempunyai kemampuan elastisitas yang bisa membuatnya mulur dalam batas tertentu.


5. Caroq



Caroq adalah seorang karakter superhero Indonesia karya Ahmad Thoriq. Caroq diciptakan pada tahun 1992. Ia memiliki kekuatan magis untuk mengubah dirinya menjadi seorang superhero. Caroq memiliki 2 bilah celurit sakti yang panjang.


6. Jin Kartubi



Jin Kartubi adalah tokoh komik ciptaan Hasmi pada tahun 1968. Kartubi adalah jin raksasa hamba Maza. Apabila Maza memerlukannya, ia tinggal menggosok pisau belatinya. Kartubi akan segera muncul dengan tertawa terbahak-bahak. Kemampuannya untuk terbang sangat dimanfaatkan para superhero yang tidak dapat terbang untuk transportasi udara.


7. Kalong



Kalong atau Calong adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Muncul pertama kali pada tahun 1972 dalam Calong Anak Kelelawar. Kalong dapat terbang seperti kelelawar, kebal senjata. Ujung jarinya bisa memancarkan sinar pemaham. Apabila sinar itu dikenakan pada hewan, maka hewan itu bisa mengerti dan berbicara untuk memberi keterangan yang jujur.


8. Sembrani



Sembrani adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Muncul pertama kali dalam serial Gundala 1000 Pendekar tahun 1974.Sembrani mempunyai kemampuan untuk menetralisir medan magnet maupun medan listrik, menetralisir racun dan dapat terbang.


9. Zantoro



Zantoro amat benci dengan kejahatan, ia akan merasa sangat geram jika melihat tindak kejahatan di depannya, dan tak sedikit penjahat kelas teri dan kelas kakap yang berhasil diringkus oleh Zantoro.


10. Merpati



Sedhah adalah seorang wartawati yang sedang menolong ayahnya yang diculik terjatuh ke dalam sebuah jurang dan ditolong oleh segerombolan merpati yang kemudian membawanya ke Ratu Merpati. Ratu Merpati memasukkan Sedhah kedalam suatu ramuan ajaib yang membuat Sedhah memiliki kekuatan super dan dikenal dengan sebutan “Merpati”.

Nahhh… Cukup banyak kan… Semoga pada nantinya ada yang mau memfilmkan salah satu dari Superhero tersebut.


SUMBER



0 komentar:

No Spam
And
Live Link