5 Kisah Sosok Wanita Misterius dan Kejam



Misterius namun mematikan adalah kombinasi yang jarang ditemukan pada sosok wanita dan lelaki, meskipun karakter tersebut ada di dalam berbagai literasi dan mitologi dunia. Namun selain di dunia mitologi, sosok wanita penggoda pun banyak hadir mewarnai kisah-kisah yang terdapat di dalam berbagai kitab suci agama besar di dunia. Berikut hajingfai merangkum 5 Kisah Sosok Perempuan Misterius nan Kejam:


5. Salome



Sementara di dalam Kitab Injil terdapat sosok perempuan bernama Salome yang menyebabkan kematian Yohannes Pembaptis. Salome adalah puteri dari Herodias (isteri Herodes). Walaupun Herodes telah menangkap dan menahan Yohanes Pembaptis karena telah menimbulkan gangguan keamanan dengan membaptis Yesus Kristus, ia tetap menghormati dan menyeganinya. Namun Herodias sangat membenci Yohanes Pembaptis karena telah mengatakan bahwa pernikahannya dengan Herodes adalah sebuah perzinahan, walaupun demikian Herodes tidak berniat menyakiti Yohanes.

Hingga pada suatu waktu sang Raja Herodes mengadakan sebuah perjamuan ulang tahun yang mendatangkan seorang penari cantik, yakni Salome, yang sebenarnya dikirim atas perintah ibunya. Karena tarian Salome sangat mengesankan dan luar biasa indah, sang Raja hendak mewujudkan apapun keinginan Salome. Saat itulah Salome menginginkan kepala Yohanes Pembaptis untuk dipenggal (sesuai keinginan ibunya, Herodias), Herodes pun tidak bisa mengelak dari permintaan tersebut. Yohanes ditangkap dan kepalanya dipenggal sesuai permintaan Salome, kepalanya lalu dipersembahkan kepada ibunya.


4. Jezebel



Jezebel merupakan puteri dari raja sekaligus pendeta Phoenisia Ethbaal, ia kemudian menikahi seorang raja Yahudi bernama Raja Ahab. Jezebel meyakinkan suaminya untuk mengabaikan tuhan Ibrani, Yahweh (Yehova) untuk lebih menyembah Tyrion Baal. Ketika ia berhasil membunuh salah satu nabi Yahudi, Nabi Eliya mengatakan kepadanya bahwa akan datang pembalasan dari tuhannya. Karena takut Jezebel pun meminta nabi Eliya untuk melepaskannya dari ancaman tersebut. Bahkan Jezebel mengatakan hal tersebut kepada suaminya Raja Ahab,  bahwa ia dan turunannya akan binasa, dan Jezebel akan mati dimakan anjing.


3. Medea



Sosok Medea hadir di dalam kisah Yunani pra-Homeris, Argonoutika. Medea adalah putri dari Raja Aeetes, ia kemudian dikisahkan jatuh cinta kepada Jason. Ketika sang raja mengkhianati Jason dan para argonoutnya (ksatria) dengan mengerahkan kekuatan pasukan tempur, Medea menggunakan kekuatan sihirnya untuk menaklukan pasukan ayahnya yang menggunakan naga, bahkan saudara lelakinya pun tewas akibat kekuatan sihirnya. Ia kemudian mempengaruhi Pelias untuk membunuh ayah mereka dan memasaknya di wajan besar.

Namun ketika Jason meninggalkannya untuk perempuan lain. Medea mengirimkan sebuah jubah sebagai hadiah untuk kekasih barunya Jason. Kemudian Medea membakar Kekasih sekaligus membunuh  ayahnya (kekasih Jason). Medea bahkan membunuh 14 orang anaknya dari Jason. Meskipun demikian akhir perjalanan hidup Medea beragam sesuai dengan juru tuturnya.


2. Kali



Kali adalah nama dewi hindu yang memiliki penampilan mengerikan. Kali atau Kālī adalah sakti (istri) Dewa Siwa. Kali biasanya digambarkan sebagai seorang wanita berkulit hitam dan berwajah mengerikan; berlumuran darah dan berkalungkan tengkorak serta ular. Dewi Kali merupakan lambang kematian. Lidahnya menjulur keluar sebagai simbol bahwa tiada hari tanpa kematian, kematian selalu lapar, setiap orang akan ditelan maut. Bersama Siwa, Dewi Kali bertugas melebur segala makhluk yang sudah tak layak hidup di dunia.

Di kesepuluh tangannya senantiasa tergenggam senjata. Untuk menghormatinya, selalu diadakan ritual pengorbanan, Durja puja. Dikisahkan ia sangat menikmati proses penyiksaan, pengorbanan, bahkan ia tidak mengacuhkan rintihan dan permintaan ampun korbannya. Ketika Siwa (suaminya) berada di antara korban-korbannya, Kali akan memutilasi dan menari  di atas tubuh korbannya. Di peradaban Celtic, Irlandia, sosok seperti Kali ini dikenal dengan Morrigan sementara di Skotlandia dikenal dengan Cailleach.


1. Karina



Sosok perempuan ini terdapat dalam kisah Raja Sulaiman dalam kitab Injil. Dikisahkan Sang raja sedang melakuan perburuan di gurun pasir, ia bertemu dengan seorang perempuan cantik tanpa sehelai kain yang menutupi tubuhnya. Perempuan tersebut mempertanyakan kenapa sang raja berburu di wilayahnya. Bahkan perempuan cantik mengatakan bahwa tidak ada satu orang pun yang dapat menaklukannya. Dan ketika Raja Sulaiman bertanya, “Siapa yang dapat mengalahkanmu?” perempuan itu menjawab, “hanya Malaikat Michael.” Raja Sulaiman pun berdoa memohon kehadiran Malaikat Michael. Malaikat Michael pun datang dengan senjata dan tamengnya yang berkilauan, hal tersebut membuat perempuan cantik itu ketakutan, hingga wujudnya berubah ke bentuk aslinya. Ternyata sosok perempuan cantik itu adalah iblis bernama Karina.

Karina adalah ibu dari anak-anak yang mati, sumber kemaksiatan dan wabah. Ia bahkan memakan anak kandungnya sendiri untuk meningkatkan kekuatan sihirnya. Untuk itu ia dikutuh hanya akan melahirkan anak-anak yang mati dari rahimnya. Dan jika ia memperlihatkan darah dari rahimnya kepada seorang perempuan hamil, maka perempuan tersebut akan mengalami nasib yang sama. Semua orang yang melihat dan menatapnya akan berakhir sakit.


 SUMBER



0 komentar:

No Spam
And
Live Link