Ini Bahayanya Jika Sering Tidur Bareng Kucing dan Anjing



Zhou adalah gadis pecinta hewan, yang saking cintanya sering tidur bersama hewan peliharaannya yakni kucing dan anjing. Tapi suatu hari ia demam dan menjadi lumpuh. Dokter yang memeriksa mengatakan ia terkena parasit dari hewan peliharaannya.



Zhou (21 tahun) yang berasal dari China ditemukan lumpuh setelah tulang-tulangnya melemah karena terinfeksi parasit dari hewan peliharaannya. Zhou telah bertahun-tahun menderita demam secara konstan dan kemudian tungkai bawahnya mulai tidak bisa digerakkan seperti dilansir dari chinadaily.

Dokter Rumah Sakit Zhu Jiang melakukan pemeriksaan dan menyatakan bahwa Zhou terinfeksi parasit jenis Echinococcosis. Sejenis parasit yang dapat berkembang dalam tubuh manusia dan mamalia lain, seperti domba, anjing, tikus dan kuda.

Parasit Echinococcosis yang hidup pada hewan peliharaan adalah jenis Echinococcus granulosus. Yaitu berupa cacing pita dengan panjang 3-6 mm.

Cacing dewasa ini hidup melekat pada usus halus hewan mamalia. Kemudian ketika cacing-cacing tersebut bertelur, akan ikut keluar bersama tinja dari mamalia yang ditumpanginya.

Jika telur cacing pita tertelan oleh manusia, maka telur akan menetas dalam tubuh manusia. Cacing-cacing tersebut dapat menembus dinding usus dan dapat menginfeksi organ dalam manusia seperti hati, paru, otak, ginjal, limpa, otot dan tulang.

Zhou mungkin telah terinfeksi oleh parasit hewan peliharaannya sejak kecil. Tulang-tulangnya telah terkikis oleh gigitan dari parasit selama bertahun-tahun.

Para ahli mengatakan parasit dapat menginfeksi anak-anak melalui interaksi dengan hewan peliharaan. Keluarga dengan ibu hamil atau anak-anak disarankan untuk menempatkan hewan peliharaannya dalam kandang.




0 komentar:

No Spam
And
Live Link