12 Langkah Berbisnis via eBay



Mereka yang berjuang menjadi entrepreneur sukses setiap harinya mengunjungi eBay karena kemudahannya untuk bisa memulai bisnis. Kini lebih dari 247 juta pengguna terdaftar menggunakan eBay sebagai sarana untuk berbisnis dan diperkirakan ada penjualan senilai 60 miliar dollar AS per tahun dari semua aktivitas di eBay.

Dengan mengikuti 12 langkah di bawah ini, Anda akan berpeluang untuk bisa mendirikan bisnis sukses di eBay.

1. Mulai dengan barang bekas/ second

Banyak orang memiliki barang bekas di rumahnya. Membersihkan gudang ialah cara terbaik untuk bisa menjual sesuatu. Masalahnya adalah Anda harus luangkan waktu untuk bisa memilah, membersihkan barang bekas itu agar layak jual.

2. Kembangkan ciri khas

Makin khas dan unik, bisnis Anda akan makin dikenal di eBay. Konsumen potensial juga akan mengalami kebingungan yang lebih sedikit. mayoritas penjual memulai dengan menjual barang bekas tapi akhirnya penjual eBay yang sukses akan mengembangkan sebuah ceruk khusus untuk ekonomi berskala lebih besar.

3. Teliti pasar

Menjual di eBay juga perlu riset pasar. lakukan riset mengenai berapa kisaran harga dalam kategori barang tertentu yang sedang banyak dijual di eBay dan yang lainnya.

4. Minta bantuan

Anda tentu akan membuat kesalahan saat berbisnis di eBay tetapi banyak pertanyaan yang Anda miliki yang sebenarnya bisa dijawab dengan mengakses file bantuan eBay atau dengan membaca papan diskusi. Di sana akan didapati banyak masukan dan saran berharga.

5. Investasi dalam bisnis Anda

Jika rencana Anda untuk memulai bisnis eBay dengan menjual barang bekas saja, Anda tak akan butuh banyak investasi jika ada , modal awal. Namun saat bisnis berkembang, sejumlah barang akan dibutuhkan. Pertama, memiliki komputer untuk digunakan sebagai alat melakukan transaksi eBay. Kedua, nomor PO Box bisa menghemat tenaga. Ketiga, sebuah kamera yang mumpuni untuk mengambil gambar barang yang tajam dan menarik. Memajang gambar kabur dan berkualitas jelek di eBay akan membuat calon pembeli mempertanyakan kualitas bisnis Anda.

6. Kembangkan sistem

Sama dengan bisnis lainnya, kebijakan dan prosedur menjadi sangat penting saat bisnis Anda makin berkembang pesat. Membakukan tempate atau membeli beberapa template di di Seller Tools section di eBay akan membantu Anda menyederhanakan proses itu.

7. Temukan sumber produk yang dapat diandalkan

Agar bisnis tumbuh, Anda butuh akses menuju sumber tepercaya dari produk secara konsisten. Memulai dengan penjualan barang bekas mungkin berhasil di fase awal tetapi setiap produk Anda yang dimuat di eBay akan menjadi satu jenis saja yang membuat posting dan pengiriman menjadi melelahkan dan lama. Membangun hubungan dengan distributor master atau pabrikan sangat dianjurkan agar Anda bisa mengembangkan margin laba. Namun hindari terlalu banyak menumpuk persediaan barang jika cuma bertujuan untuk menimbun dan menikmati untung lebih banyak. Hanya beli apa yang Anda ketahui dengan baik dan tumbuhkan bisnis dengan perlahan untuk menghindari hilangnya basis pelanggan.

8. Kelola ekspektasi pelanggan

Pastikan  untuk menjanjikan yang lebih rendah dari ekspektasi orang lain dan memberikan hasil nyata yang melebihi ekspektasi mereka. Jangan sampai mengecewakan dengan berjanji yang muluk-muluk. Jujurlah pada diri sendiri dan Anda akan lebih mudah dapatkan pelanggan.

9. Ketahui harga Anda

eBay mematok biaya listing dan final value. Semua itu bisa membebani jika Anda harus mengirimkan barang beberapa kali. Namun biaya mendapatkan akses menuju basis pelanggan eBay terasa ringan saat dibandingkan dengan biaya menggunakan kanal beriklan konvensional.

10. Jangan pernah bermaksud menipu

Usahakan untuk memberikan informasi dan gambar yang benar-benar akurat. Kekeliruan baik disengaja atau tidak bisa dianggap menipu dan Anda bisa diadukan kepada eBay oleh pelanggan yang kecewa. Anda tentu tak mau dipaksa mengembalikan uang pelanggan dan diberikan peringatan bukan?

11. Tawarkan jaminan tak bersyarat

Ini akan membuat pembeli merasa lebih nyaman dan menghindari kerumitan selama pengiriman atau pelanggan yang mengklaim ketidakakuratan informasi produk.

12. Tawarkan PayPal

Sebagian besar pihak yang terlibat dalam jual beli online lebih suka membayar secara online pula dengan paypal. Alternatif lain seperti pengiriman uang dan cek pribadi bisa juga dilakukan dan berguna untuk menampung para pelanggan yang kurang akrab dengan sistem pembayaran online.


(*/Diadaptasi dari “Get Sold on eBay” oleh Marcia Layton Turner/AP) 




0 komentar:

No Spam
And
Live Link